LightBlog

Saturday, July 8, 2023

Kamu 10 Tahun Kedepan Ditentukan Oleh 3 Hal Ini, Apa Saja Itu??? Baca Sampai Selesai


Berdasarkan informasi dan apa yang saya rasakan setidaknya ada 3 hal yang bisa membentuk karakter seseorang 10 atau 20 tahun kedepan. Yaitu, siapa teman dekat atau dengan siapa dia bergaul (lingkungan), buku apa yang dia baca, dan channel YouTube apa atau tontonan apa yang dia lihat setiap hari. Dan diantara ketiga hal tersebut, lingkungan adalah hal terkuat dalam membentuk atau mempengaruhi karakter seseorang. Jadi bohong ceritanya kalau seseorang mengatakan ingin berubah menjadi pribadi yang lebih baik, tapi masih berada di lingkungan yang sama dimana saat dia tidak baik. Kemungkinan berubah menjadi lebih baiknya sangat kecil. Contoh kongkrit sederhananya begini. Seseorang yang ingin berhenti merokok tapi masih banyak nongkrong dengan teman-teman yang perokok, maka kemungkinan berhenti meroroknya akan sangat sulit.

Hal tersebut sejalan juga dengan apa yang disampaikan oleh Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam dalam haditsnya yang diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Asy'ari raḍiyallāhu 'anhu "Sesungguhnya perumpamaan orang yang bergaul dengan orang saleh dan orang jahat, bagaikan orang yang berteman dengan penjual minyak wangi dan pandai besi. Adapun penjual minyak wangi, bisa jadi memberi minyak kepadamu atau kamu membeli minyak darinya, atau paling tidak kamu mendapatkan aroma wangi darinya. Sedangkan pandai besi, mungkin ia akan membakar pakaianmu atau kamu akan mendapatkan aroma tidak sedap darinya."

Begitu juga jika kamu mengatakan ingin menjadi seorang pengusaha. Seseorang yang ingin menjadi pengusaha tapi tidak mau berteman atau mencari teman yang memiliki profesi entrepreneur akan sulit membentuk dirinya menjadi seorang pengusaha. Jadi kalau kamu berkeinginan menjadi seorang pengusaha mulai sekarang, bertemanlah dengan seorang pengusaha. Baca buku atau informasi tentang dunia entrepreneurship, simak dan tonton tayangan informasi bagaimana menjadi seorang pengusaha.

Kamu juga bisa menuliskan alasan kenapa suka dengan dunia entrepreneur untuk memperkuat keyakinan kamu berada di lingkungan tersebut. Misalnya saya beralasan hal yang membuat saya senang berada di zona entrepreneur adalah salah satunya saya bisa bertemu dengan orang-orang yang menginspirasi yang senantiasa memiliki semangat berbagi. Mau tidak mau hal tersebut menuntut saya belajar banyak hal, mulai dari memahami katakter dari setiap orang yang saya temui, hingga belajar bagaimana mereka bisa dengan rela dan senang berbagi dengan orang banyak, mulai dari berbagi semangat, ilmu, hingga harta dan waktu mereka. 

Atau bisa juga begini, bagi kamu yang ingin berhenti merokok, tuliskan alasan kamu kenapa kamu harus berhenti merokok. Misalnya; boros keuangan, menganggu kesehatan, membuat bau mulut, dan lain-lain.

Selain lingkungan ada juga buku dan tontonan apa yang kamu lihat setiap harinya yang bisa berpengaruh terhadap pembentukan karakter kamu. Mulai sekarang pilah dan pilih bacaan serta tontonan yang harus kamu lihat. Jika ingin membentuk karakter yang penuh semangat, anti galau. Maka bacaan dan tontonannya jangan yang membuat melow. Bacalah buku-buku yang bisa membuat karakter kita lebih baik seperti buku Atomic Habbits karya James Clear atau buku Star Whit Why karya Simon Sinek. Kalau tontonan kamu bisa menyimak channelnya YouTubenya Merry Riana misalnya yang membahas seputar kepribadian. Banyak pilihan yang baik yang bisa kamu ambil untuk membentuk karakter pribadimu lebih baik lagi.

Jadi ingat ya, siapa dan seperti apa teman terdekat kamu, buku apa yang kamu baca, dan tontonan apa yang kamu lihat akan banyak mempengaruhi karakter kamu di 10 atau 20 tahun kedepan. Jadilah pribadi yang lebih baik dengan memilih hal-hal baik.



Pandeglang, 08/07/2023 - Adi Fikri Humaidi

No comments:

Post a Comment

LightBlog