LightBlog

Friday, August 26, 2022

3 Modal Utama Untuk Jualan. Simak Yuk


Paling tidak ada 3 modal penting yang harus di kuatkan saat kita ingin jualan. Jualan apapun itu, baik barang atau pun jasa.

1. Modal Impian

Modal impian ini penting di miliki oleh kita. Kenapa? Impian terkait dengan motivasi kita, kenapa kita harus jualan?? Impian mah bebas, misal; mau kebeli rumah, mau punya mobil, pengen umroh bareng keluarga. Catat baik-baik impian kita tersebut, bila perlu catat di tempat-tempat yang mudah kita lihat atau kita baca, supaya apa? Supaya saat kita kendor kita ingat lagi, bahwa kita punya impian, punya harapan yang harus di wujudkan.

2. Modal Percaya Diri

Nah, ini nih permasalahan yang sering saya jumpai pada mereka yang pertamakali saya tawarkan untuk jualan. “Saya gak pede jualan kang”. Kunci percaya diri itu ada pada diri kita sendiri, kemauan untuk membuka diri terhadap orang lain dan lingkungan sekitar kita. Hanya perlu menanamkan pada diri sendiri ‘kalau orang lain bisa, pasti saya juga bisa’. Rasa malu atau gugup itu biasanya hadir karena terlalu fokus terhadap penilaian orang lain, kita beranggapan orang lain itu terlalu peduli terhadap diri kita sehingga kita sibuk memikirkan bagaimana penilaian orang lain terhadap kita.

Banyak cara sebenarnya untuk melatih rasa percaya diri termasuk percaya diri dalam hal jualan. Salahsatunya, sering berkomunikasi dengan mereka yang tingkat kepercayaan dirinya jauh di atas kita. Sering-seringlah bergaul dengan orang yang kita anggap sukses, karena biasanya orang sukses itu rasa percaya dirinya sudah terkondisikan dengan baik. Bangunlah pertemanan dengan mereka. Yakin deh, percaya diri itu tidak ada tips atau trik khusus, dia hanya perlu penyesuaian antara hati, pikiran, dan lingkungan. Jadi, bergaul dengan orang-orang sukses, membangun banyak pertemanan dengan orang-orang sukses itu sangat berpengaru besar terhadap sikap dan mental kita dalam membangun rasa percaya diri.

3. Modal Kemampuan

Kunci sukses jualan itu ada ilmunya, walaupun ilmunya gak baku-baku amat sih. Tergantung kondisi dan keadaan. Tapi setidaknya saat kita ingin memutuskan diri untuk jualan, menguasai ilmu dasar itu wajib banget hukumnya. Paling tidak kuasai atau pelajaru beberapa poin dibawah ini saat kita mau berjualan;

  • Menguasasi atau paham produk apa yang kita jual.
  • Mengetahu target market atau siapa calon pembeli dari produk yang kita jual.
  • Tahu bagaimana cara promosi produk baik offline maupun online di media sosial.
  • Mengerti bagaimana menampilkan produk baik berupa foto maupun video saat promosi.
  •  Mengerti apa itu soft selling dan hard selling.

Percaya lah, poin-poin di atas tersebut bisa kita pelajari, ilmu-ilmunya bisa kita dapatkan secara free di internet, tinggal ketik ilmu apa yang ingin kita pelajari, buka google, buka YouTube, ada semua di situ. Tinggal kita mau atau tidak mempelajarinya untuk meningkatkan kemampuan ilmu jualan kita.

Begitu kira-kira pembahasan saya tentang 3 modal utama jualan di edisi Jum’at 26 Agustus 2022 kali ini. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di tulisan-tulisan saya berikutnya. Happy Selling gaess


Ditulis Oleh : Adi Fikri Humaidi (Digital Marketing Strategist Orlin Indonesia)

No comments:

Post a Comment

LightBlog