LightBlog

Friday, July 7, 2023

Selagi Muda, Jangan Biasakan Mengambil Pilihan-pilihan yang Mudah Dalam Hidupmu


Disetiap mengisi seminar ataupun workshop bisnis saya selalu mendapatkan pertanyaan, "Kang bisa gak kita sukses tanpa kerja keras?"


Biasanya jika mendapatkan pertanyaan seperti itu saya akan balik tanya lagi, "kamu mendapatkan inspirasi pertanyaan itu dari mana atau dari siapa?"


Saya bisa memastikan bahwa mereka yang bertanya dengan pertanyaan seperti itu pasti sering melihat channel YouTubenya para gamers ataupun artis yang sering memamerkan kekayaannya tapi justru mereka malah dapat uang dari adsense YouTubenya. Karena sudah beberapa penanya yang saya tanya balik jawabannya tidak lepas dari yang saya sebutkan tadi. Keseringan nonton channel YouTube gamers ataupun artis yang 'pamer' harta secara tidak membuat sugesti bahwa sukses itu ya begitu.


Ayolah kawan, selagi muda jangan biasakan mengambil pilihan-pilihan mudah dalam hidupmu untuk meraih kesuksesan. Padahal tidak ada kesuksesan yang diraih dengan mudah. Kesuksesan yang diraih dengan mudah adalah kesuksesan semu yang menipu. Biasanya cepat diraih, cepat juga hilangnya.


Teman-teman saya yang hobi main game, yang mungkin mengidolakan Reza Arap karena melihat sosoknya yang bisa sukses bergelimang harta dengan hobi main gamenya tersebut. Saya tidak pernah berpikir bahwa Reza Arap meraih kesuksesannya dengan mudah. Saya justru melihat konsistensi yang dia lakukan, ada skill dan waktu yang dia korbankan untuk meraih posisi dia saat ini. Dia telah membayar kesuksesannya dengan waktu dan skillnya tersebut.


Jadi, bukan perkara apa yang kita lihat saat ini yaitu hanya dengan bermain games dia bisa sukses bergelimang harta. Istilahnya duduk main game saja dibayar pakai dollar. Kalau yang dilihat kita adalah posisi dia saat ini, betapa mudahnya kita mengukur kesuksesan dalam diri seseorang tanpa memperhatikan darah, keringat, dan air mata yang dia keluarkan untuk mendapatkan kesuksesannya tersebut. Yang pasti ada perjuangan di dalamnya yang mungkin itu tidak diperlihatkan kepada kita.


Setidaknya ada dua modal utama kesuksesan seseorang, yaitu konsisten dan fokus. Konsisten dengan apa yang dilakukannya, dan fokus dengan skill yang dia miliki, walaupun mungkin skill tersebut di anggap remeh oleh kita. Siapa yang menyangka dengan skillnya mereview tempat makan murah akan mengantarkan seorang Nex Carlos menjadi Food Vlogger terbaik di Indonesia.


Jika hidup kita terbiasa dengan pilihan-pilihan yang mudah, maka yang banyak tersisa nantinya adalah pilihan-pilihan hidup yang sulit. Tidur, jalan-jalan, nongkrong, menghabiskan waktu seharian di cafe bersama teman-teman itu adalah pilihan-pilihan hidup yang mudah. Jika masa muda kita banyak dihabiskan dengan memilih pilihan-pilihan mudah tersebut, maka masa tua kita akan dikelilingi oleh pilihan hidup yang sulit.


Sementara itu belajar public speaking, editing video, belajar komputer, kursus digital marketing, atau kursus bahasa Inggris itu adalah pilihan-pilihan hidup yang sulit, terkadang malas kita melakukannya. Tapi percayalah pilihan-pilihan sulit tersebut yang kita ambil akan mempermudah hidup kita di masa yang akan datang.


Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berkata “Tidak akan bergeser kaki manusia di hari kiamat dari sisi Rabbnya sehingga ditanya tentang lima hal: tentang umurnya dalam apa ia gunakan, tentang masa mudanya dalam apa ia habiskan, tentang hartanya darimana ia peroleh dan dalam apa ia belanjakan, dan tentang apa yang ia amalkan dari yang ia ketahui (ilmu).”.


Pandeglang, 07/07/2023 - Adi Fikri Humaidi

 

No comments:

Post a Comment

LightBlog