LightBlog

Saturday, May 5, 2018

Rumit Karena Tak Tahu Polanya

Kamu yang tetap semangat dalam perniagaannya, semoga Allah selalu memberikan keberkahan dan keberlimpahan rezeki. Aamiin

Tahu apa kaitannya dua foto yang saya upload ini? saya akan coba mengaitkan dua gambar tersebut yaitu antara tali temali dan bisnis online.

Pernah ikut Pramuka? Pastinya pernah belajar dong yang namanya ilmu tali temali. Sumpah itu adalah materi yang buat saya stres sendiri, njelimet dan cukup membuat pusing saat harus menghafal beberapa nama jenis tali temali sekaligus mempraktekannya. Ujung-ujung pasti tali mati lagi - tali mati lagi. Hahay 😝 😝 Dari zaman SD ikut Pramuka hingga SMA paling jago kalau disuruh mengikat sesuatu dengan simpul tali mati.

Ternyata kunci semuanya ada di pola. Mereka yang mampu menghafalkan dan mempraktekan tali temali itu akan sangat lancar ketika menggunakankannya ketika sudah tahu pola dari jenis tali temalinya. Setiap jenis tali menali ada pola dasarnya. Maka, jika kita tahu pola dasarnya akan sangat mudah untuk membuat simpul tali apapun, bahkan akan sangat cepat menggunakannnya karena sudah hafal setiap arah tali akan di ikatkan ke lubang yang mana.

Begitu juga dengan bisnis online. Mereka yang bilang ribet. Harus ini lah, harus itu lah terkesan susah sendiri, bahkan ada yang bilang mending jualan offline saja lah, tawarin barang, ketemu pembeli, deal transaksi, selesai, gak perlu ngitung ongkir lah, nimbang berat barang lah, kirim nomor resi lah, dan sebagainya.

Nah, dipastikan mereka yang berasumsi seperti itu karena belum hafal bagaimana pola atau sistem di bisnis online. Bagi mereka yang sudah hafal dan khatam bagaimana polanya bisnis online, justru akan mendapati kemudahan-kemudahan dan menikmati setiap proses, dari mulai menawarkan barang hingga clossing pengiriman barang (deal).

Disarankan untuk teman-teman yang memutuskan berbisnis online, maka penting untuk belajar mengetahui pola dan sistemnya seperti apa, dan yang paling penting dari itu semua kesabaran lah yang sangat dibutuhkan dalam berbisnis online. Sama seperti belajar tali temali tadi, kalau gak sabaran ya ujung-ujungnya simpul mati terus yang digunakan.

Belajar bisa dari siapapun, yang terpenting belajarlah kepada pelakunya langsung, yang memang sudah paham dan mengalami langsung bagaimana pola dan sistem bisnis online itu bekerja. InsyaAllah dengan mengetahui pola bisnis online itu bagaimana dan seperti apa akan sangat mudah kita menjalankannya.

Selamat berniaga, semoga Allah SWT memberkahi. #JanganLupaBahagia

By: Adi Fikri Humaidi

1 comment:

  1. The first of the best parts of titanium quartz in terms of cost.
    The first of the best parts of trekz titanium pairing titanium titanium wedding ring quartz in terms of cost. by Greg Kim · is titanium expensive ‎In the titanium nipple jewelry past, we had the ford escape titanium for sale largest production center in Las Vegas, and we had the largest

    ReplyDelete

LightBlog