LightBlog

Saturday, April 18, 2020

MEMULAI BISNIS (tidak) HARUS DENGAN UANG

Memulai bisnis modalnya tidak harus melulu menggunakan uang. Berpikir segala sesuatu harus menggunakan uang justru akan mempersempit daya pikir dan kreativitas kita untuk memulai bisnis.

Saya bersama istri saya, memulai bisnis di Orlin Indonesia sama sekali tidak menggunakan modal uang. Sedikit flashback, pada saat memulai bisnis home decor bersama Orlin Indonesia kondisi keuangan saya sedang kacau, saya sendiri dalam keadaan menganggur, istri saya baru berhenti dari pekerjaannya karena kontrak kerja yang tidak diperpanjang lagi. Kehidupan kami pada saat itu benar-benar fakir keuangan, hidup hanya mengandalkan sisa tabungan yang jumlahnya tidak seberapa, bahkan tak jarang kami harus berpuasa, berpuasa bukan karena kami ingin beribadah, tapi puasa yang kami lakukan dengan tujuan untuk berhemat dalam soal makan.

Singkat cerita saya bertemu dengan ownernya Orlin Indonesia, beliau mengajak saya untuk mampir ke rumahnya, dan diperlihatkanlah saya sejumlah produk dari Orlin Indonesia, pada waktu itu Sajadah dan Tikar Lipat. Saya pun ditawari untuk menjualkan produk-produk tersebut. Seingat saya waktu itu setelah ngobrol ngalor ngidul, mengutarakan keinginan saya untuk belajar bisnis, lalu saya pun dipersilahkan membawa 100 pcs tikar lipat, dan saya diberi waktu satu minggu untuk menghabiskan tikar lipat tersebut, ya semacam di challenge. Tikar pun saya ke rumah (kontrakan bedeng), lalu saya berdiskusi dengan istri, mengatur strategi penjualan. Alhamdulillah, 100 pcs tikar lipat berhasil kami jual dalam waktu 5 hari saja. Keuntungan dari penjualan tersebut kami putar kembali untuk dijadikan modal selanjutnya.

Poin utama dari cerita singkat saya tersebut adalah, kembali ke soal uang bukan satu-satunya modal untuk memulai bisnis. Ya, waktu itu modal pertama saya adalah KEPERCAYAAN. Rasa percaya yang diberikan oleh Owner Orlin Indonesia kepada saya, mempersilahkan saya membawa produk tikar lipat untuk di jual dengan sistem tempo. Bayangkan kalau pada waktu itu saya tidak dipercaya untuk membawa tikar lipat tersebut, tentu cerita akhirnya tidak akan seperti sekarang ini, saya dan istri berhasil meraih status Distributor Orlin Indonesia.

Jadi, meski untuk memulai bisnis kita kesulitan mendapatkan modal uang, bahkan mungkin tidak punya uang sama sekali. Selama kita masih bisa di percaya, atau ada orang yang mau memberikan kepercayaannya kepada kita, maka itu adalah peluang besar untuk kita memulai bisnis. Hanya saja nanti diperjalanan, kita tetap harus mengupgrade diri dengan ilmu-ilmu bisnis yang akan menunjang perniagaan kita kedepannya.

Modal utama agar orang percaya kepada kita, milikilah attitude yang baik dalam bergaul. Seperti anak Pramuka bilang "Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan".
Good luck. Tetap semangat, berprasangka baik, dan jangan lupa bahagia. _AFH_

No comments:

Post a Comment

LightBlog